Saturday, December 12, 2020

Akun Google Suite Education (GSE) Gratis Kemdikbud

 Cara Mendapatkan Akun GSE Gratis Kemdikbud


Alhamdulillah, menjelang berakhirnya kegiatan pembelajaran semester ganjil tahun pelajaran 2020/2021, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan menghadirkan terobosan baru untuk menunjang kegiatan pembelajaran jarak jauh. 
Bekerjasama dengan raksasa IT, Google Inc. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Pusat Data dan Teknologi Informasi Indonesia (Pusdatin) meluncurkan Akun Pembelajaran dengan domain belajar.id. Akun Pembelajaran ini merupakan akses masuk tunggal (Single Sign On) ke berbagai layanan pembelajaran digital seperti surat elektronik, penyimpanan dan pembagian dokumen secara elektronik; pengelolaan administrasi pembelajaran secara elektronik; penjadwalan proses pembelajaran secara elektronik; pelaksanaan proses pembelajaran secara daring (online), baik secara sinkronus (dilakukan pada waktu yang bersamaan) maupun asinkronus (fleksibel dan tidak harus dalam waktu yang bersamaan)
Akun GSE dari Kemendikbud ini dapat diperoleh dengan menghubungi Operator pendataan pada satuan pendidikan masing-masing. Operator pendataan melakukan login di laman pd.data.kemdikbud.go.id dengan akun SSO. Setelah berhasil login, klik menu "Unduh Akun" untuk mengunduh tiga jenis akun, yaitu akun peserta didik, akun PTK, dan akun admin. Sesuai jenisnya, akun peserta didik dan akun PTK diperuntukkan bagi peserta didik dan PTK, sedangkan akun admin diperuntukkan bagi Kepala Sekolah dan Tenaga Administrasi Sekolah.
Untuk mengaktifkan akun GSE Kemendikbud, masing-masing pengguna melakukan aktivasi dengan mengakses layanan e-mail google di laman mail.google.com. Masukkan username dan password yang diberikan oleh operator. Jika sudah berhasil, lakukan penggantian password untuk keamanan pengguna.
Informasi lengkap mengenai akun GSE Kemendikbud dapat diakses pada laman belajar.id
Surat Edaran Nomor 37 Tahun 2020 Tentang Akun Akses Layanan Pembelajaran Bagi Peserta Didik, Pendidik, & Tenaga Kependidikan 

 Peluncuran Akun Pembelajaran oleh Kemendikbud dapat dilihat pada laman Youtube Kemdikbud 

0 comments:

Post a Comment